Singaparna, Jabar, 30/11 (ANTARA) - Departemen pekerjaan umum (PU) mengelar pelatihan membangun rumah tahan gempa untuk masyarakat, di aula gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Tio Indra Setiadi, dalam acara tersebut, mengatakan, peserta pelatihan itu merupakan kelompok masyarakat dari delapan kecamatan di kabupaten itu, yang daerahnya rusak akibat guncangan gempa.

"Departemen PU akan memberi wawasan bagaimana membangun rumah tahan gempa," katanya.

Dia mengatakan, pelatihan itu dilakukan supaya ketika dana bantuan rekontruksi gempa dari pemerintah pusat sampai ke kabupaten Tasikmalaya, maka masyarakat sudah memahami cara membuat bangunan tahan gempa.

Menurut dia, kelompok masyarakat akan mendapatkan pelatihan cara membangun rumah tahan gempa agar hasilnya sesuai dengan harapan bersama dan tidak akan roboh jika kembali diguncang gempa.

"Nanti diharapkan mereka mendapatkan bekal pengetahuan dalam membangun rumah tahan gempa," katanya.

Menurut Tio, bangunan dan prasarana yang rusak ketika gempa melanda sebagian besar Kabupaten Tasikmalaya diharapkan dapat diperbaiki secepatnya.

Dia mengatakan, upaya pelatihan bimbingan teknis kepada kelompok masyarakat itu sekaligus untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan membangun rumah tahan gempa.

"Pelatihan ini juga dihadiri oleh para mandor dan pengawas yang bertugas meninjau kerja pembangunan rumah tahan gempa," katanya.

Pelatihan itu diikuti 50 orang anggota kelompok masyarakat dari delapan kecematan dan 50 mandor. ***3***

Feri Purnama
(U.PK-FPM/C/s018/s018) 30-11-2009 12:35:51

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2009