Wali Kota Bandung Oded M Danial mengingatkan warganya bahwa protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 wajib diterapkan dalam pelaksanaan lomba-lomba untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia (HUT RI).

"Walaupun mungkin ada masyarakat merayakan mengadakan perlombaan, tapi yang terpenting adalah harus menjaga protokol kesehatan agar tidak terjadi penyebaran COVID-19," kata Oded usai Upacara Peringatan HUT RI di Balai Kota Bandung, Senin.

Wali Kota mengatakan, cukup banyak warga yang menyampaikan keinginan untuk merayakan Hari Kemerdekaan dengan mengadakan kegiatan perlombaan sebagaimana biasa.

"Dengan kecintaannya terhadap republik ini, sehingga budaya mereka mengadakan kegiatan perayaan, namun yang terpenting adalah penerapan protokol kesehatan," kata dia.

Ia mengatakan, perlombaan bisa dilaksanakan asal protokol kesehatan diterapkan. Semua wajib mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Wali Kota mengatakan bahwa pemerintah kota sudah menggandeng tokoh masyarakat di setiap kecamatan untuk menyampaikan imbauan kepada warga agar mematuhi protokol kesehatan. 

"Saya sudah mengimbau kepada aparat kecamatan dan kewilayahan agar tokoh masyarakat turun ke lapangan, di lapangan bisa mengedukasi masyarakat," katanya.

Baca juga: Pengendara di jalan raya Bandung berhenti sejenak dengarkan lagu Indonesia Raya

Baca juga: Wali Kota Bandung: Jadikan HUT RI momen kebersamaan lawan COVID-19

Baca juga: Rayakan HUT RI, warga Grand Cinunuk main sepak bola pakai pelindung wajah

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020