Warga Komplek Grand Cinunuk, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Republik Indonesia dengan menggelar lomba sepak bola, Sabtu.

Namun ada hal yang unik dalam perayaan hari kemerdekaan di tengah pandemi COVID-19 ini. Para warga itu bermain bola sambil mengenakan pelindung wajah sesuai dengan protokol kesehatan.

"Kita tetap menerapkan protokol kesehatan saat perlombaan HUT RI ini, masyarakat harus tetap memakai masker dan pelindung wajah saat bermain bola," kata Ketua Pengurus Grand Cinunuk, Asep Solihat saat ditemui.

Selain pelindung wajah, para warga itu juga lengkap menggunakan masker untuk mencegah penularan COVID-19. Meski menggunakan sejumlah alat pelindung diri, para warga tersebut tetap lincah dalam menggiring bola.

Sebelum turun ke lapangan, para warga peserta itu juga wajib mencuci tangan terlebih dahulu di wastafel yang disediakan di pinggir lapangan. Pada saat mencuci tangan, mereka juga antre dengan berjaga jarak. 

Asep memastikan, seluruh proses perlombaan sepak bola dalam menyambut hari kemerdekaan itu sesuai dengan protokol kesehatan. Para warga lainnya yang menyaksikan lomba itu juga menerapkan jaga jarak.

"Kita disini yang penting memenuhi protokol kesehatan, main sepak bolanya juga tidak telalu lama, hanya 10 menit saja, dan itu pun hanya untuk warga komplek sini, dan kita meminimalisir kerumunan," kata dia.

Dengan adanya perlombaan sepak bola itu, ia berharap suasana hari kemerdekaan masih tetap ada pada masyarakat meski di masa pandemi. 

Selain itu, ia juga ingin masyarakat mulai terbiasa dalam fase adaptasi kebiasaan baru ini dengan menerapkan protokol kesehatan dalam kondisi apapun, termasuk bermain sepak bola.

"Di (komplek) sini ada 60 kepala keluarga, belum ada warga yang berstatus kontak erat atau yang terkait dengan COVID-19, harapannya warga terbiasa ikuti anjuran pemerintah soal penerapan protokol kesehatan," kata Asep.


 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020