Ratusan warga di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kompak melakukan kegiatan tradisi tahunan mencuci bendera merah putih dalam rangka menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di kota itu, Jumat.

Kegiatan tradisi tahunan itu hanya mencuci bendera merah putih maupun membersihkan atribut lainnya yang bernilai kebangsaan seperti pigura foto tokoh nasional yang dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa dengan tetap menerapkan prokol kesehatan di Lingkungan Janggala, Kelurahan/Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.

Perwakilan warga dari kalangan pemuda setempat, Tedi Setiadi mengatakan, kegiatan mencuci bendera secara gotong royong itu merupakan bagian dari tradisi warga dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI.

"Makna dari mencuci bendera ini adalah bentuk gotong royong warga yang sampai saat ini masih tetap dilestarikan," katanya.

Ia menuturkan, kegiatan itu dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan seperti selalu memakai masker menjaga jarak selama kegiatan berlangsung.

Selain menjelang peringatan kemerdekaan, kata dia, kegiatan mencuci itu bagian dari menjaga lingkungan warga agar tetap bersih sehingga terbebas dari wabah COVID-19.

"Apalagi sekarang sedang pandemi, jadi harus menjaga kebersihan," katanya.

Ia menambahkan, kegiatan itu sengaja melibatkan banyak anak-anak sebagai upaya mengedukasi sekaligus menumbuhkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air yang diharapkan terus tertanam selamanya.

"Kegiatan mencuci bendera sambil nyanyi lagu kebangsaan itu sebagai bentuk sosialisasi agar anak-anak tumbuh rasa nasionalismenya," kata Tedi.

Selama kegiatan itu, para warga membawa bendera merah putihnya masing-masing kemudian mencucinya di gang sekitar pemukiman rumah penduduk sambil bernyanyi bersama lagu-lagu kebangsaan.

Setelah dibersihkan menggunakan sabun, bendera itu dikeringkan hingga selanjutya warga memasang bendera merah putih itu di rumahnya masih-masing.***3***


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020