Cianjur, 13/11 (ANTARA)- Badan Pusat Statistik Cianjur, akan mengadakan sensus penduduk pada bulan Mei 2010.

"Sensus penduduk dilakukan guna memvalidasi jumlah penduduk terkait kebutuhan administrasi dan kewajiban pemerintah," kata Kasni neraca wilayah dan analisis BPS Cianjur, Nevi Hendra SSi di Cianjur, Jumat.

Data Penduduk Kabupaten Cianjur yang diperoleh dari BPS mencapai 2.194.654. Data tersebut didapat dari pendataan yang dilakukan tahun 2008.

Kegiatan sensus penduduk itu, merupakan agenda BPS setiap sepuluh tahun untuk memperbaharui data kependudukan.

Ia menyampaikan, selain untuk kebutuhan data kependudukan, sensus kali ini, dilakukan pihak pemerintah untuk keperluan lain, seperti pilkada atau Pileg
"Sensus yang kami lakukan itu, menyeluruh mulai dari kepala keluarga sampai bayi yang baru lahir. Untuk mengetahui jumlah penduduk Cianjur, secara keseluruhan," katanya.

Sensus penduduk di Cianjur 60 tahun terakhir, dilakukan pada tahun 1961, tahun1971, tahun 1980, tahun 1990, serta terakhir tahun 2000.

Selain untuk mengetahui jumlah penduduk, sensus bertujuan mengetahui taraf hidup masyarakat, tingkat pendidikan serta tingkat hunian, agar didapat data tentang taraf kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, untuk petugas sensus sendiri, BPS akan bekerjasama dengan pihak desa, agar menyediakan tenaga dari warga setempat yang berpendidikan minimal SLTA.

"Sebelum kami terjunkan, kami akan bekali dengan konsep dan pelatihan terlebih dahulu agar mereka bekerja sesuai dengan target," tambahnya.

Selain itu, pada sensus 2010 mendatang data kependudukan, untuk pengolahan data BPS Cianjur, menggunakan sistem komputerisasi, agar mudah diakses masyarkat.***3***

Fikri
(U.K-FKR/C/Y003/Y003) 13-11-2009 18:16:40

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2009