Bandung, 26/10 (ANTARA) - Sebanyak 15 Seniman Bandung akan memamerkan karya seni rupa untuk mengenang 100 hari wafatnya W.S Rendra.

"Rencananya pameran tersebut akan digelar di YPK Jalan Naripan, Kota Bandung pada tanggal 28 Oktober 2009," ujar Koordinator Pameran Seni Rupa Bandung mengenang W.S Rendra, Bambang Subarnas, Senin.

Menurutnya, lima belas seniman tersebut, antara lain, Agus Zimo, Arman Jamparing, Dede Wahyudin, Deden Sambas, Diyanto, Genden Witonio, Harry Pochang, Hendrikus, Herry Dim, Irman Rahman, Isa Perkasa, Rahmat Jabaril, Rosid, Suaibun Ilyas dan Tisna Sanjaya.

"Karya yang akan dipamerkan ada tiga tema, yakni lukisan, Fotography dan Instalasi," ungkapnya.

Dia menambahkan, hingga saat ini karya yang sudah terkumpul sudah ada 30 karya yang meliputi ketiga tema tersebut.

"Pameran seni rupa tersebut terinspirasi naskah pidato karya Rendra 'Megatruh Kambuh'. Kegiatan ini terintegrasi seni rupa kontemporer," ungkapnya.

Sementara naskah pidato tersebut, lanjut Bambang, dianggapnya narasi yang utuh bagi kebudayaan bangsa.

"Oleh sebab itu, sangat pantas narasi tersebut dikaryakan dalam bentuk seni rupa," ungkapnya.

Disinggung mengenai akan diadakannya komunitas seniman mengenai karya Rendra, Bambang mengungkapkan, akan melihat perkembangan ke depan seperti apa.

"Semua seniman yang berkarya dalam gelaran ini semuanya dari Bandung. Namun, untuk ke depan akan diadakan komunitas nanti kita lihat saja perkembangan kedepanya," katanya.

Pihaknya juga tidak bisa mengundang semua seniman untuk berkarya dalam Bandung Mengenang Rendra dikarenakan daya tampungnya sedikit.

"Karena daya tampung sedikit, kita tidak mengundang seluruh seniman yang ada di Bandung ataupun di luar Bandung," ungkapnya. ***3***

Jaka
(T.PSO-058/B/F002/F002) 26-10-2009 15:29:16

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2009