Protokol kesehatan berkenaan dengan pencegahan penularan COVID-19 diterapkan saat pelaksanaan Shalat Jumat di beberapa masjid di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Pengurus Masjid Jami' Baiturrahman di Desa Pamengkang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, pada Jumat mewajibkan warga yang hendak ikut shalat berjamaah mencuci tangan sebelum masuk masjid dan mengenakan masker selama berada di masjid.

Selain itu, warga diminta menjaga jarak dengan orang lain selama berada di dalam masjid. Pengurus sudah memasang penanda untuk memudahkan anggota jamaah menjaga jarak dengan anggota jamaah yang lain.

"Pasti jadi merasa lebih aman lagi, apalagi Shalat Jumat kan tidak hanya sepuluh atau dua puluh orang, namun ada ratusan warga yang ikut, jadi penerapan protokol kesehatan dirasa memberikan keamanan terutama pada masa pandemi COVID-19," kata Abdul Hadi, anggota jamaah shalat Jumat di Masjid Jami' Baiturrahman mengenai penerapan protokol kesehatan di masjid.

Baca juga: DKM Pusdai Bandung batasi jamaah Shalat Jumat

Sementara di Masjid Agung Sumber, warga yang hendak mengikuti shalat Jumat berjamaah dicek dulu suhu tubuhnya dan diminta mencuci tangan sebelum masuk masjid.

Pengurus masjid juga mewajibkan jamaah mengenakan masker dan menyediakan masker bagi jamaah yang tidak membawa masker. Selain itu, guna memastikan warga menjaga jarak dengan anggota jamaah yang lain selama berada di masjid, pengurus masjid memasang penanda barisan dalam shalat.

Baca juga: Presiden Jokowi Shalat Jumat berjamaah di Masjid Istana

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020