Bank Indonesia dan para pelaku industri perbankan yang tergabung dalam Badan Permusyawaratan Perbankan Daerah (BMPD) Jawa Barat serta Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI) dan Persatuan Pensiunan Bank Infonesia (PPBI) Jawa Barat menyerahkan bantuan penanganan COVID-19 kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) lengkap (disposable hazmat, masker, sarung tangan latex, google, hand sanitizer, face protection) dan alat kesehatan (ventilator lokal, infuse pump ENMIND, syringe pump ENMIND, patient monitor MEK) diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, sekaligus Ketua BMPD Jawa Barat, Herawanto didampingi oleh Direktur Kepatuhan BJB sekaligus Wakil Ketua BMPD Jawa Barat, Agus Mulyana dan Ketua Bidang Sosial yang juga merupakan Regional CEO Bank Mandiri Region VI/Jawa 1, Sulaeman kepada Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil dan istri di Gedung Negara Pakuan Kota Bandung, Kamis.

"Bantuan ini sejalan dengan semangat pemerintah provinsi Jawa Barat dan kita bersama untuk “Kill The Virus, but not The Economy”, kita basmi COVID-19 tanpa mematikan perekonomian masyarakat," Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, sekaligus Ketua BMPD Jawa Barat, Herawanto.

Herawanto menyampaikan bahwa pemberian bantuan ini merupakan wujud nyata kepedulian sosial keluarga besar Bank Indonesia dan industri perbankan Jawa Barat terhadap upaya mencegah penyebaran wabah COVID-19 di Jawa Barat. 

Lebih lanjut, Herawanto berharap bantuan ini dapat mendukung percepatan penanganan COVID-19 di wilayah Provinsi Jawa Barat sehingga aktivitas masyarakat segera kembali normal dan roda perekonomian Jawa Barat kembali bergerak

Penyebaran Corona Virus Disease 19 (COVID-19) di Jawa Barat yang masih terus meluas berdampak pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, baik sosial ekonomi maupun kemanusiaan. 

Penanganan penyebaran COVID-19 di Jawa Barat ini tentunya tidak hanya menjadi tugas pemerintah namun perlu didukung oleh semua pihak, termasuk industri keuangan di Jawa Barat. 

"Karena hanya dengan kolaborasi terintegrasi dan partisipatif antar pemerintah, otoritas-otoritas, para pelaku usaha dan masyarakat luas, upaya percepatan penanggulangan COVID-19 ini dapat membuahkan hasil," kata dia.

Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jawa Barat adalah wadah pegawai perbankan dan Bank Indonesia di Wilayah Jawa Barat. 

BMPD Jawa Barat memiliki 101 anggota yang berasal dari 67 perwakilan Bank Umum di wilayah Jawa Barat dan sebagai salah satu komponen penting dalam perekonomian Jawa Barat, BMPD Jawa Barat selalu berupaya secara aktif memberikan kontribusi positif untuk mendukung pembangunan dan perekonomian Jawa Barat melalui berbagai program kerja di empat bidang, yaitu Bidang Organisasi dan Kehumasan, Bidang Olahraga Seni dan Budaya, Bidang Pendidikan, dan Bidang Sosial dan Kerohanian. 

Salah satu program kerja Bidang Sosial dan Kerohanian adalah pemberian bantuan sosial antara lain pemberian bantuan penanganan COVID-19.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada BMPD Jabar dan IPEBI Jabar yang telah berkontribusi bersama dalam mendukung percepatan penanganan wabah Covid-19. 

"Tentunya, bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Jawa Barat," kata Kang Emil.

Baca juga: Jabar Bergerak terima bantuan 135 wastafel dari BI

Baca juga: BI sosialisasikan penggunaan QRIS ke pedagang pasar di Bandung



 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020