Ratusan anggota Polresta Cirebon, Jawa Barat, melakukan donor darah untuk mengamankan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) yang sudah mulai menipis imbas wabah COVID-19.

"Ada 236 anggota kami yang melakukan donor darah, untuk memenuhi stok darah PMI Kabupaten Cirebon yang menipis," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol M. Syahduddi di Cirebon, Kamis.

Baca juga: Ini alasan kosongnya stok darah di UDD PMI Cianjur

Syahduddi mengaku ia menerima informasi bahwa stok darah di PMI Kabupaten Cirebon menipis. Oleh karena itu, pihaknya langsung bekerja sama dengan PMI dan menginstruksikan anggota untuk berdonor darah guna memenuhi kebutuhan warga serta mengamankan stok darah di PMI setempat.

Kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan di Aula Pesat Gatra, Mapolresta Cirebon dan diikuti oleh 236 personel Polresta Cirebon. "Kami berharap donor darah ini bisa diikuti oleh masyarakat agar stok darah di PMI bisa dijaga," ujarnya.

Sementara Sekertaris PMI Kabupaten Cirebon, Sri Bendera Murni mengatakan saat ini stok darah di PMI Kabupaten Cirebon di bawah 100 kantong. Stok tersebut sangat kurang dibandingkan dengan kebutuhan.

Baca juga: Tunggu pendonor, stok darah di PMI Cianjur minim

"Sekarang yang tersedia kurang dari 100 kantong, padahal setiap bulan kami membutuhkan lebih dari 2.000 kantong," katanya.

Menurutnya, selama mewabahnya COVID-19, warga yang mendonorkan darahnya turun drastis, sehingga stok terus menipis.

Untuk itu, PMI meyakinkan bahwa donor darah ini aman dan masyarakat bisa mendonorkan darahnya dengan mendatangi PMI Kabupaten Cirebon.
 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020