Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengimbau agar masyarakat tidak panik terkait dengan kabar masuknya virus corona ke Indonesia.

"Waspada memang perlu. Tapi jangan panik," katanya, di Karawang, Jawa Barat, Rabu.

Ia mengatakan, saat ini belum ada laporan terkait warga Purwakarta yang terinfeksi virus corona. Meski begitu, pihaknya tetap mewaspadai ancaman virus corona di daerahnya.
 

Bupati mengajak agar masyarakat melakukan upaya antisipasi. Di antaranya dengan meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan dan meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

"Hindari juga kontak langsung dengan warga yang memiliki riwayat bepergian atau pulang dari luar negeri yang negaranya terindikasi infeksi corona," kata dia.

Selain itu, Anne berpesan agar masyarakat yang mengalami gejala batuk dan sesak nafas berat menjaga etika saat batuk atau bersin, yakni dengan menutupnya memakai sapu tangan. Selain itu, warga dengan kondisi tersebut harus menggunakan masker.

"Untuk saat ini, hindari bepergian ke negara-negara yang terindikasi corona. Kemudian, gunakan masker saat di tempat keramaian yang rentan penyebaran virus. Yang tak kalah penting, jaga kesehatan tubuh dengan makan bergizi seimbang, olahraga dan tidur yang cukup," kata dia. 
 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020