Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Garut membentuk kader terlatih yang siap siaga untuk membantu dan menanggulangi daerah terdampak bencana alam di Kabupaten Garut, Jawa Barat, sebagai bentuk kepedulian partai terhadap masyarakat.

"Kita dari PDI Perjuangan ada yang namanya Baguna yaitu Badan Penanggulangan Bencana untuk menanggulangi bencana alam," kata Sekretaris DPC PDIP Garut Andri Permana usai penanaman pohon di kawasan hutan Karacak Valey, Kabupaten Garut, Minggu.

Ia menuturkan, kader PDIP yang terbentuk dalam Baguna itu merupakan kader yang sudah terlatih untuk terjun dan membantu masyarakat di lokasi terdampak bencana.

"Baguna ini sudah terlatih yang siap membantu saat terjadi bencana," kata Andri.

Ia menyampaikan, PDIP selama ini intens untuk memberikan bantuan dan menanggulangi daerah maupun warga yang terdampak bencana alam di Garut.

Bahkan, lanjut dia, PDIP juga melakukan upaya mengantisipasi bencana alam dengan menanam pohon di daerah yang dinilai telah terjadi kerusakan lingkungan, salah satunya kawasan hutan Karacak Valey.

Sebagian hutan Karacak Valey, kata dia, pada musim kemarau sempat dilanda bencana kebakaran, untuk itu PDIP Garut berupaya memperbaikinya kembali dengan menanam pohon di kawasan hutan tersebut.

"Kegiatan ini bentuk kepedulian kami dalam rangkaian HUT partai ke 47 di mana penanaman pohon ini serentak dilakukan di hutan Padjajaran di Jawa Barat," katanya.

Ia menambahkan, PDIP Garut juga mencanangkan progam warung sampah yaitu mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sampah menjadi sesuatu berguna yang selama ini sudah dilakukan di Kecamatan Malangbong, Garut.

"Warung Sampah ini baru ada di Malangbong, jadi masyarakat bisa menukarkan sampah dengan barang, nanti sampah itu diolah, bisa jadi pupuk atau didaur ulang," katanya.

Baca juga: BPPD: Objek wisata di Garut harus punya tempat pagelaran seni dan budaya

Baca juga: Legislator dari Fraksi PDIP minta Pemkab Garut serius mengatasi ketahanan pangan


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020