Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan (Diskoperindag) Cianjur berkoordinas?i dengan dinas dan instansi terkait kembali membentuk Satgas Pangan untuk memantau dan mengendalikan harga sembako agar tidak melambung terutama menjelang hari raya Natal dan tahun baru 2020.

"Menjelang hari raya Natal dan pergantian tahun, sejumlah harga kebutuhan pokok biasanya melonjak karena kelangkaan persediaan maupun akibat cuaca,"  kata Kabid Perdagangan Diskoperindag Cianjur, Nana Rukmana, di Cianjur Selasa.

Untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga, pihaknya segera berkoordinasi dengan dinas terkait dan Polres Cianjur untuk membentuk kembali Satgas Pangan, guna memantau dan mengendalikan harga agar tidak melambung.

"Saat ini harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional Cianjur masih normal, belum terjadi kenaikan harga. Meksipun beberapa waktu lalu harga ayam dan bawang sempat naik,namun sudah kembali normal," katanya.

Namun pihaknya memprediksi menjelang natal dan tahun baru harga bahan pokok akan mengalami kenaikan termasuk harga daging ayam dan sapi serta sejumlah sembako, meskipun kenaikan dapat ditekan tidak sampai meroket.

Saat ini, petugas Diskoperindag Cianjur, setiap harinya melakukan pengecekan harga ke beberapa pasar tradisional dan melaporkan hasilnya setiap akhir pekan.

"Untuk memantau harga kami menurunkan petugas setiap hari ke sejumlah pasar untuk mengontrol harga kebutuhan pokok, sayur mayur sampai daging yang dilaporkan setiap pekan," katanya.

Baca juga: Pemkab Cianjur berencana tambah bus wisata

Baca juga: Nelayan dari berbagai wilayah di Jabar berburu ikan di Cianjur


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019