Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, berencana membuka gerai layanan kependudukan dan catatan sipil di Sentra Grosir Cikarang (SGC), Jalan RE Martadinata Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara.

"Sedang kami persiapkan, Insya Allah gerai layanan cepat di SGC akan dibuka akhir Oktober ini dan rencananya diresmikan secara langsung oleh Pak Bupati," kata Kabid Pencatatan Sipil pada Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Bambang Budi Raharjo di Cikarang, Rabu.

Bambang mengatakan tujuan dibukanya gerai layanan kependudukan di pusat perbelanjaan ini adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dia menyebutkan pembukaan gerai ini merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Nomor 470/Kep/319/2019 tentang pembentukan Gerai Cepat Pelayanan Publik Kependudukan dan Catatan Sipil.

"Kemarin kita sudah uji coba dan baru melayani para pegawai di SGC saja. Adapun pelayanan yang nantinya akan kami terima di antaranya adalah pembuatan akta kelahiran, kartu keluarga, perekaman e-KTP hingga pencetakan (perpanjangan) suket," katanya.

Bambang mengaku pihaknya merencanakan pembukaan sejumlah gerai serupa di pusat-pusat perbelanjaan atau tempat keramaian lainnya di wilayah Kabupaten Bekasi.

"Kendalanya, saat ini masih persoalan jaringan tetapi kami sudah membuat surat ke Kominfo terkait penambahan jaringan tersebut," katanya.

Keberadaan gerai ini diharapkan dapat membuat pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih cepat, lebih dekat, dan nyaman, sebab masyarakat yang hendak mengurus dokumen kependudukan dan catatan sipil tidak perlu lagi datang ke kantor Disdukcapil yang berada di Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi.

"Ngurus dokumen di sini tiga hari kerja bisa selesai, berbeda dengan pelayanan di kantor dinas yang bisa memakan waktu enam hari. Tetapi itu pun kembali terganggu ada atau tidaknya jaringan," kata Bambang.*

Baca juga: Dokumen kependudukan warga Bogor dikirim via Pos

Baca juga: Disdukcapil Indramayu layani administrasi kependudukan di pasar
 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019