Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, berupaya melakukan terobosan pelayanan administrasi kepada masyarakat dan kali ini pasar menjadi sasarannya.

"Kita jemput bola ke pasar-pasar harapannya bisa menjangkau para pedagang maupun masyarakat lainnya yang datang ke pasar," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu Moh. Iskak Iskandar di Indramayu, Kamis.

Menurutnya pelayanan administrasi di pasar dilakukan sepekan sekali yaitu setiap hari Rabu dengan kegiatan "Laboling D’Ayu" atau "Pelayanan Rebo Keliling Dokumen Administasi penduduk Indramayu’"

Dalam kegiatan Laboling D’Ayu tersebut, pihaknya melayani perekaman KTP elektronik, pelayanan kartu keluarga (KK), pelayanan akta kelahiran dan pelayanan akta kematian.

Untuk KTP elektronik akan keluar dalam bentuk surat keterangan, sementara dokumen lainnya bisa langsung jadi di tempat.

"Setiap hari Rabu petugas Disdukcapil akan keliling ke berbagai pasar untuk langsung melayani masyarakat yang sedang melakukan aktivitas di pasar," ujarnya.

Iskandar menambahkan, upaya jemput bola di berbagai pasar ini dikarenakan masih banyak warga masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP elektronik dan untuk melayani dokumen lainnya.

Pada hari Rabu mendatang, kegiatan Laboling D’Ayu akan dilaksanakan di Pasar Bangkir (14/08), Pasar Jatibarang (21/08) dan Pasar Karangampel (28/08/2019).

"Pada hari Rabu (7/8) kemaren kegiatan Laboling D’Ayu dipusatkan di Pasar Sukra dan berhasil melakukan perekaman KTP elektronik sebanyak 70 orang, akta kelahiran sebanyak 32 orang dan kartu keluarga sebanyak 25 orang," katanya.

Baca juga: Disdukcapil Cianjur uji coba tanda tangan elektronik

Baca juga: Disdukcapil: Pengajuan administrasi kependudukan di Cianjur meningkat



 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019