Stasiun Cianjur, Jawa Barat, mencatat peningkatan okupansi penumpang KA Siliwangi jurusan Cianjur-Sukabumi, hingga 20 persen, selama perayaan HUT Ke-74 Republik Indonesia.

Kepala Stasiun Cianjur, Narizal di Cianjur Minggu, mengatakan peningkatan penumpang KA Siliwangi karena adanya pemberlakukan tiket gratis pulang pergi bagi calon penumpang KA khusus pada tanggal 17 Agustus.

"PT KAI persero memberlakukan tiket gratis untuk calon penumpang KA dalam rangka memperingati HUT RI dan sekaligus sosialisasi gerakan transportasi masal," katanya.

Meskipun tiket KA gratis calon penumpang harus mengambil tiket terlebih dulu, promo tiket gratis tersebut berlakukan PT. KAI hanya berlaku untuk satu hari dan tidak hanya KA Siliwangi namun untuk beberapa KA lainnya.

"Selama 17 Agustus tingkat penumpang KA Siliwangi mencapai 1213 penumpang, sedangkan pada hari biasa hanya 700 hingga 800 orang penumpang, atau meningkat sekitar 20 persen," katanya.

Penumpang pada hari tersebut, didominasi warga Cianjur dan sekitarnya yang akan mengahabiskan hari libur di Sukabumi dan Bogor, namun banyak juga warga dari Ciranjang dan Sukabumi yang berhenti di Stasiun Cianjur untuk melihat upacara bendera.

Sementara Kosasih (47) warga Kampung Pasirhayam, Desa Rancagoong, mengungkapkan sangat senang dengan adanya promo tiket gratis dari PT KAI tersebut karena dapat mengurangi beban biaya untuk berlibur bersama keluarga.

"Biasanya saat pergi berlibur ke Sukabumi saya bersama keluarga dapat menghabiskan uang lumayan besar, namun dengan adanya promo gratis setidaknya dapat mengurangi biaya untuk berlibur," katanya.

Namun tutur dia, promo tiket gratis selama 17 Agustus tersebut, masih kurang sosialisasi pada masyrakat karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui terkait promo tiket gratis.

Baca juga: Penambahan rute perjalanan KA Siliwangi bantu kurangi kemacetan di Sukabumi

Baca juga: Perjalanan perdana KA Siliwangi catat 151 tiket terjual


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019