Stasiun Kereta Api Ciranjang, Cianjur, Jawa Barat, mencatat 151 tiket terjual pada perjalanan perdana KA Siliwangi rute Ciranjang-Cianjur-Sukabumi dengan harga tiket Rp3.000 untuk satu kali perjalanan.

Hari pertama beroperasinya KA Siliwangi dengan rute tersebut, penumpang dari Ciranjang menuju Cianjur lebih mendominasi dibandingkan penumpang dari Cianjur ke Ciranjang.

Manager Humas Daop II Bandung, Noxy Citrea pada wartawan Selasa, mengatakan rute perjalanan dari Sukabumi-Cianjur, saat ini mulai diperpanjang hingga stasiun Ciranjang.

Selama ini, KA Siliwangi hanya melayani rute perjalan Sukabumi-Cianjur, namun setelah dilakukan reaktivasi jalur Cianjur-Ciranjang, rutenya semakin panjang hingga Stasiun Ciranjang.

"Ini merupakan kabar gembira untuk masyrakat sekitar karena KA Siliwangi Ciranjang-Cianjur-Sukabumi sudah dapat ditumpangi. Penumpang dapat membeli tiket kereta kelas ekonomi lokal sebesar Rp3.000 persekali jalan," katanya.

Sementara Kepala Stasiun Ciranjang, Maulana mengatakan dengan aktifnya kembali kereta Ciranjang-Cianjur-Sukabumi tentunya akan membantu masyarakat dalam kebutuhan transportasi, terlebih mengatasi kemacetan yang setiap hari terjadi di wilayah Ciranjang.

"Kehadiran KA Siliwangi dengan rute tersebut, sangat membantu masyarakat untuk bepergian bekerja dan lainnya karena saat ini jalur Cianjur-Ciranjang setiap harinya macet," katanya.

Ke depannya ungkap dia, Dirjen KAI akan melakukan peningkatan track dari Ciranjang menuju Cipeyeum dan Cipatat hingga ke Padalarang.

"Semoga dalam waktu dekat aktivasi jalur kereta hingga Bandung dapat terwujud," katanya.

Baca juga: KA Siliwangi rute Ciranjang-Cianjur-Sukabumi mulai beroperasi


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019