Warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Cianjur, Jawa Barat, akan mendapat pemeriksaan dan pembinaan untuk mencegah penyimpangan seksual, terutama hubungan sesama jenis atau laki-laki seks laki-laki (LSL) di dalam lapas.

Kepala Subseksi Registrasi Bimbingan Kemasyarakatan Lapas Kelas IIB Cianjur, Fani Andika pada wartawan Sabtu, mengatakan pihak lapas mencatat ada narapidana yang memang mengalami penyimpangan seksual beberapa tahun lalu.

Warga binaan yang mengalami penyimpangan seks tersebut, langsung dipindahkan ke Lapas Sukabumi. Hingga saat ini narapidana yang mengidap penyimpangan seksual, ungkap dia, belum terdata lagi karena perilaku tersebut dilakukan secara tertutup dan personal.

"Petugas kesulitan untuk mendeteksi perbuatan seks menyimpang tersebut. Tidak menutup kemungkinan masih ada, terlebih sebagian besar ruangan tahanan kelebihan kapasitas," katanya.

Kalapas Kelas IIB Cianjur, Gumilar, mengatakan pihaknya akan melakukan upaya pencegahan munculnya penyimpangan seksual di dalam lapas dengan berbagai cara termasuk dengan pembinaan terutama secara keagamaan.

"Saat ini ada beberapa orang warga binaan waria yang selnya dipisahkan dengan narapidana lain. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyimpangan seksual," katanya.

Sementara Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Cianjur Hilman, mengatakan potensi terjadinya penyimpangan seksual di dalam lapas cukup besar karena narapidana merupakan manusia biasa yang memiliki kebutuhan untuk berhubungan seksual.

Ketika kebutuhan biologisnya muncul, ungkap dia, namun kondisinya semua warga binaan satu jenis, membuat penyimpangan seks dapat saja terjadi. Bahkan mereka yang semula tidak suka sesama jenis karena pernah menjadi korban pelecehan akan menjadi pelaku di dalam lapas.

Pihaknya berharap lapas menyediakan ruangan khusus untuk narapidana menyalurkan kebutuhan biologisnya dengan pasangan yang sah saat menjenguk.

"Perlu ada upaya dan solusi karena penyimpangan seks akan meningkatkan risiko penyakit terutama HIV/AIDS," katanya.

Baca juga: Kejari Cianjur tahan kepala sekolah SMKN

Baca juga: Dua rumah di Cianjur terbakar ludes diduga akibat kebocoran gas
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019