Sejumlah warga di Kabupaten Garut, Jawa Barat, berharap objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Garut, menjadi wisata tingkat internasional segera terealisasi seperti yang sudah dijanjikan oleh pemerintah pusat agar Garut semakin terkenal dan mendorong pertumbuhan perekonomian di Garut.

"Kami sebagai warga Garut tentu saja berharap program pemerintah pusat yang akan menjadikan Situ Bagendit sebagai wisata internasional dapat segera terwujud," kata Kusuma Ningrum warga Garut, Jumat.

Ia menuturkan, Situ Bagendit pernah dikunjungi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan sejumlah menteri yang menyampaikan kepada media massa akan membangun Situ Bagendit menjadi lebih menarik.

Kusuma yang kebetulan sempat menghadiri kunjungan menteri ke Situ Bagendit itu mengaku bangga objek wisata unggulan di Garut mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat dan siap mengalokasikan anggarannya untuk membenahi wisata.

"Kalau sudah bagus tentu kami sebagai warga Garut bangga punya wisata Situ Bagendit terkenal di dunia," kata ibu rumah tangga itu.

Kepala Desa Banyuresmi, Ahmad Hidayat, mengatakan, program pemerintah pusat yang akan membenahi Situ Bagenit merupakan suatu hal yang diharapkan warga Bagendit agar lebih bagus, nyaman dan menarik.

"Memang program membagun Situ Bagendit ini sangat diidamkan masyarakat Banyuresmi karena akan memberikan dampak yang sangat menguntungkan bagi masyarakat," katanya.

Ia menyampaikan, Presiden Indonesia Joko Widodo termasuk sejumlah menteri yang pernah hadir ke Situ Bagendit telah menyampaikan program untuk membenahi wisata danau di Garut agar lebih menarik sehingga lebih banyak pengunjungnya.

Menurut dia, Situ Bagendit sudah seharusnya ditata sehingga memiliki daya tarik yang membuat pengunjung merasa nyaman dalam menikmati keindahan danau dan alam sekitarnya.

"Kami juga berharap di Situ Bagendit ini ada tempat penginapan agar wisatawan yang jauh bisa bermalam di sini menikmati pemandangan danau," katanya.

Ia menambahkan, program pembangunan Situ Bagendit itu merupakan tanggung jawab pemerintah pusat yang akan membangun berbagai sarana dan prasarana di sekitar wisata.

Salah satunya, kata dia, akan membangun gedung atau tempat pertunjukan seni di Situ Bagendit yang akan memberikan daya tarik bagi wisatawan.

"Masyarakat kami ini memiliki komunitas seni, seperti pencak silat, dan nanti kami akan tampil untuk memberikan hiburan, termasuk menyampaikan sejarah Bagendit," katanya.



 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019