Sekitar 1.600 personel gabungan dari TNI, Polri dan masyarakat melakukan aksi sosial bersih-bersih Sungai Kaligawe di Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, serta penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Ke 73.

"Kita kerahkan 1.600 personel dari berbagai instansi untuk melakukan pembersihan lingkungan dan juga normalisasi Sungai Kaligawe sepanjang 4 Km," kata Kapolres Indramayu AKBP Yoris Marzuki di Indramayu, Jumat (28/6).

Menurut dia, kegiatan bersih sungai itu merupakan rangkaian peringatan HUT Bhayangkara ke-73 yang dilakukan oleh Polres Indramayu.

Selain melakukan pembersihan lingkungan Sungai Kaligawe, pihaknya juga berupaya menormalkan dengan menggunakan alat berat, agar sungai tersebut bisa kembali normal seperti sedia kala.

"Kita juga menormalisasi sungai dengan menggunakan alat berat dan ini dilaksanakan selama satu minggu," ujarnya.

Yoris melanjutkan dalam kegiatan tersebut diharapkan nantinya masyarakat sekitar bisa sadar untuk merawat dan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai, karena itu bisa merugikan.

"Tujuan kegiatan ini menjalin kedekatan Polri dengan Masyarakat. Selain itu tentunya diharapkan kepada masyarakat agar selalu senantiasa menjaga kebersihan lingkungan," tuturnya.

Tidak hanya melakukan bersih-bersih sungai, pihaknya juga membuat Pos Terpadu 3 Pilar di Lokasi perbatasan antara Desa Parean Girang dengan Desa Bulak, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.

"Pembuatan Pos Terpadu 3 Pilar bersama masyarakat diharapkan tidak ada lagi konflik sosial yang menjurus penganiayaan hingga tawuran antar warga desa diharapkan dapat mempersatukan warga masyarakat dalam suasana yang damai," katanya.

Baca juga: BMKG: Indramayu terancam kekeringan ekstrem

Baca juga: Indramayu tuan rumah kontes ternak tingkat Jawa Barat
 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019