Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mengajak seluruh pihak di Provinsi Jawa Barat untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 yang pelaksanaanya kurang dari satu bulan lagi.

"Optimistis Pemilu 2019 akan berjalan lancar, damai dan kondusif di Jabar tentu harus ada. Tapi untuk mewujudkan ini semua diperlukan komitmen dari semua pihak mulai dari masyarakat hingga aparat keamanan," kata Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, ketika dihubungi melalui telepon, di Bandung, Minggu.

Pihaknya mengaku lega karena berdasarkan indeks kerawanan yang dibuat oleh Bawaslu, KPU RI, Polri dan Menkopolhukam sudah menyatakan tidak ada kerawanan Pemilu di Jabar.

"Alhamdulillah, ini menunjukkan bahwa semua elemen yang ada di Jabar bisa membuktikan bahwa walaupun penduduk kita jumlahnya terbesar di Indonesia, tapi kita bisa bekerja sama dalam mewujudkan kondusifitas. Ini dilakukan saat Pilkada Serentak 2018 kemarin," ucap Ineu.

Politisi perempuan dari Fraksi PDIP DPRD Jawa Barat ini juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama memerangi berita bohong, hoak, atau kabar fitnah yang ada di ranah media sosial.

"Pesan saya, kita semua harus tetap waspada, siaga. Partisipasi masyarakat dibutuhkan untuk mewujudkan Pemilu yang damai, lancar dan aman, jadi bukan hanya aparat keamanan. Dan mari bergotong royong jauhi hoaks, ujaran kebencian," tutur dia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil optimistis bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 yang terdiri dari Pilpres dan Pileg di Provinsi Jawa Barat akan berlangsung damai, aman dan kondusif.

"Alhamdulillah ya, bahwa 'track record' (rekam jejak) Jawa Barat itu tidak ada masalah, selalu damai. Saat Pilkada Serentak 2018 juga tidak ada kaca pecah, tidak ada peluru terlepas, tidak ada darah yang tumpah di Jawa Barat," ujar Gubernur Emil.

Dia menuturkan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Jawa Barat yang berlangsung damai, aman dan kondusif menandakan bahwa masyarakat dan aparat terkaitnya sudah terlatih.

"Sehingga kami meyakini bahwa pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 di Jabar akan sama seperti Pilkada 2018 yaitu damai dan lancar, aman serta kondusif," kata dia.


Baca juga: DPRD Jabar dukung peningkatan kerja sama dengan Polandia


Baca juga: DPRD Jabar minta Pemprov perhatikan kondisi tugu batas

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019