Garut (Antaranews Jabar) - Komunitas pecinta kendaraan offroad siap membantu pemerintah untuk mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat, dengan menggelar berbagai kegiatan offroad yang menghadirkan peserta dari berbagai daerah di Indonesia pada rangkaian acara Hari Jadi ke-206 Kabupaten Garut.

"Kegiatan offroad akan memberikan kontribusi positif dalam membangun Kabupaten Garut, khususnya mengembangkan potensi wisata di Garut," kata Ketua Kumpulan Jeep Adventure Garut (Kujang) Mustari di Garut, Minggu.

Ia menuturkan, Kujang akan menyelenggarakan kegiatan Offroad menjelajahi alam di Kabupaten Garut pada 15 sampai 17 Maret 2019 dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Garut.

Ia menyampaikan, komunitas offroader Garut tidak hanya memenuhi hasrat hobi, tetapi memiliki misi jelas membantu pemerintah dalam mempromosikan dan mendongkrak potensi objek wisata di Garut.

"Dengan diselenggarakannya Event Cikuray Adeventure Kujang di HJG 206 ini kami yakin bisa mendongkrak destinasi wisata di Garut," kata Mustari.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyatakan, pemerintah daerah mendukung kegiatan olahraga tersebut sekaligus upaya mengangkat potensi wisata yang ada di Kabupaten Garut.

Ia mengapresiasi kepada panitia yang tergabung dalam Kujang karena telah ikut memeriahkan Hari Jadi Garut sehingga memberikan kesan yang menarik.

"Diharapkan Kujang mampu memberikan kontribusi positif dalam mengangkat potensi ekowisata di Kabupaten Garut," katanya.

Menurut dia, komunitas offroad di Garut memiliki peran strategis dan mampu mensinergiskan berbagai sektor termasuk mendorong sektor pariwisata, dan membantu tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kabupaten Garut, kata dia, selain memiliki keindahan wisata, juga terdapat titik rawan bencana alam seperti longsor maupun pergerakan tanah.

"Garut ini memiliki daerah rawan bencana, maka Kujang bisa diperbantukan untuk mengevakuasi warga yang terdampak banjir atau longor," katanya.

Baca juga: Kejurnas offroad diselenggarakan di Cikembar Sukabumi

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019