Bandung (Antaranews Jabar) - Sebanyak 1.650 petugas kebersihan di Kota Bandung akan divaksinasi tetanus dan flu oleh Biofarma mulai pekan depan, guna mengantisipasi kerentanan terhadap penyakit saat musim hujan.

"Tahun ini kami ingin memvaksin petugas kebersihan karena mereka rentan terkena potensi dampak penyakit. Mereka ini garis terdepan dalam menjaga kebersihan di Kota Bandung," kata Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Biofarma, Disril Repolin Putra, saat beraudiensi dengan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, di Pendopo, Rabu.

Ia mengatakan vaksinasi tersebut bentuk dukungan kepada Pemerintah Kota Bandung. Kerja sama itu bukan yang pertama kali. Pada 2017, Biofarma juga memvaksin hepatitis 2.200 petugas kebersihan.

Rencananya, vaksinasi dimulai pada Senin (21/1). Namun, lokasi pelaksanaanya masih akan dibicarakan karena ada aturan mengenai vaksinasi tertentu yang harus dilakukan di fasilitas kesehatan.

Baca juga: 1.200 petugas kebersihan diterjunkan selama libur lebaran

"Tahun ini kami akan berikan imunisasi flu dan tetanus. Karena ini yang petugas kebersihan butuhkan," kata dia.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, menyambut baik rencana vaksinasi tersebut, antara lain karena hal itu merupakan bagian dari bentuk kolaborasi pemerintah setempat dengan dunia usaha.

"Prinsip dasarnya, Pemkot Bandung bukan hanya mengizinkan melainkan kami sangat gembira karena akan sangat berdampak positif kepada petugas kebersihan," katanya.

Baca juga: 536 petugas kebersihan diturunkan pada malam Tahun Baru

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019