Bandung (Antaranews Jabar) - TNI bersama Brimob Polda Jawa Barat mendirikan tenda darurat untuk menampung sementara korban terdampak puting beliung yang terjadi di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jumat sore.

"Pemasangan tenda pengungsi TNI dan Polri didirikan untuk menampung sebagian masyarakat yang mengungsi," ujar Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jabar, Budi Budiman, melalui pesan singkat, Jumat.

Bencana puting beliung melanda beberapa wilayah di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Jawa Barat sekitar pukul 15.00 WIB.

Puting beliung menyebabkan ratusan rumah penduduk rusak dan sejumlah pohon tumbang.

Data sementara yang dihimpun BPBD Jabar, tercatat satu orang luka berat, 15 orang luka ringan, 15 rumah rusak berat, 71 rumah rusak ringan dan lebih dari 300 rumah rusak yang belum dikelompokkan tingkat kerusakannya.

"Diperkirakan jumlah kerusakan rumah dan bangunan bertambah," kata dia. Sementara itu, petugas dari BPBD dan Tagana masih terus melakukan pendataan dan membantu proses evakuasi warga, karena dikhawatirkan kondisi rumah yang belum stabil.

"Tagana, BPBD, dan relawan membantu pengungsi. Kondisi listrik masih padam," kata dia.

Di tempat berbeda, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengimbau agar masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaannya seiring dengan memasuki puncak musim penghujan.

Menurut dia, bencana puting beliung makin meningkat saat dari tahun ke tahun.

Peningkatan puting beliung disebabkan ada perubahan penggunaan lahan, dampak perubahan iklim yang menyebabkan makin meningkatnya ketidaksatabilan dinamika atmosfer lokal, dan aktivitas penduduk dan lainnya

Baca juga: 15 orang luka akibat puting beliung Rancaekek

Baca juga: Basarnas evakuasi korban angin puting-beliung Rancaekek
 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019