Garut (Antaranews Jabar) - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat meraih Anugerah Parahita Ekapraya Madya 2018 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia karena telah komitmen membangun pemberdayaan perempuan di daerah itu.

"Penghargaan ini bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Garut terhadap pembangunan pemberdayaan perempuan," kata Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman di Garut, Kamis.

Penghargaan itu diserahkan Menteri PPPA Yohana Yembise kepada Wakil Bupati Garut di Istana Wakil Presiden di Jakarta, Rabu (19/12).

Helmi menyampaikan terima kasih kepada pihak terkait yang telah ikut serta dalam pembangunan pemberdayaan perempuan di Kabupaten Garut.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Kabupaten Garut, seluruh SKPD dan stakeholder yang telah mendukung Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG)," ujarnya.

Ia menyampaikan penghargaan diraih Garut sebagai penyemangat dan lebih termotivasi untuk memberikan pelayanan kepada publik, terutama di bidang pemberdayaan perempuan.

"Mudah-mudahan ini bisa memotivasi pelaksanaan program pemberdayaan perempuan," katanya.

Pemberian penghargaan dari Kementerian PPPA merupakan rangkaian Peringatan Hari Ibu yang menjadi kegiatan bersejarah bagi setiap Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam mendapatkan penghargaan Anugerah Prahita Ekapraya (APE).

Penghargaan tersebut diberikan atas komitmen pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Penghargaan APE telah diberikan sejak 2004 dengan tiga tingkatan yaitu, Utama, Madya dan Pratama.

Selain pemberian penghargaan APE, diberikan pula penghargaan kepada Pengelola dan Kelompok Bina Keluarga Balita yang diberikan atas dukungan dalam pemenuhan hak tumbuh kembang anak seperti Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) yang diberikan atas dukungan dalam meningkatkan ekonomi keluarga menuju keluarga sejahtera.

Kemudian program Rumah Sakit Sayang Ibu dan Balita (RSSIB) dan Kecamatan Sayang Ibu (KSI) yang diberikan atas dukungannya dalam penurunan angka kematian ibu dan bayi, serta Penghargaan Perusahaan Terbaik Pembina Tenaga Kerja Perempuan yang diberikan atas partisipasi perusahaan dalam mendukung hak-hak pekerja perempuan.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018