Bandung (Antaranews Jabar) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, memastikan pasokan listrik di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, sudah kembali pulih seperti sediakala usai diterjang gempa dan tsunami.

"Sudah kembali hampir sama seperti sebelum terjadinya gempa dan tsunami. Kecuali daerah-daerah atau bangunan yang sudah ambruk," ujar Jonan saat berada di kampus di Institut Teknologi Bandung, Rabu.

Dikatakan, saat masa rehabilitasi telah mengintruksikan jajarannya dari Badan Geologi untuk memberikan rekomendasi pemetaan wilayah kepada pemerintah daerah setempat.

Rekomendasi yang diberikan mengenai wilayah-wilayah mana saja yang terdampak bencana yang bisa kembali dibangun maupun yang tidak disarankan adanya pemukiman.

"Badan geologi melakukan asistensi kepada pemerintah kota dan provinsi untuk memberikan rekomendasi wilayah-wilayah yang dapat dibangun," katanya.

Sementara upaya rehabilitasi pemukiman yang akan kembali dibangun, saat ini masih terus dikomunikasikan dengan kementerian terkait.

"Sekarang lagi runding karena melibatkan PU (pekerjaan umum), melibatkan kementerian lain," kata dia.

Sebelumnya, gempa bumi dengan kekuatan 7,4 magnitudo mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah memicu gelombang tsunami yang menerjang Palu. Akibat kejadian itu ribuan jiwa meninggal dan bangunan hancur.



 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018