Garut (Antaranews Jabar) - Kodim 0611 Garut merealisasikan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dengan membangun jalan baru sebagai jalan pintas untuk memudahkan akses masyarakat di pelosok Desa Pancasura menuju kota Kecamatan Singajaya, Jawa Barat.

"Kami membangun jalan baru ini dengan pengerjaan dilakukan selama 30 hari," kata Komandan Kodim 0611 Garut Letkol Inf Asyraf Azis saat pembukaan TMMD ke-103 di Desa Pancasura, Kecamatan Singajaya, Garut, Senin.

Ia menuturkan, TMMD merupakan progran TNI yang rutin dilaksanakan setiap tahun untuk membantu masyarakat, salah satunya membantu pembangunan infrastruktur jalan maupun membangun rumah warga di desa.

Personel yang diterjunkan, kata dia, sebanyak 150 anggota, dibantu masyarakat setempat dalam proses pengerjaannya. Terkait sumber dananya merupakan gabungan dari APBD Garut sebesar Rp1 miliar, provinsi Rp290 juta, dan dari Mabes TNI Rp322 juta.

"Kami kerahkan 150 anggota untuk mengerjakan jalan ini, kita gotong royong dengan masyarakat," katanya.

Kepala Desa Pancasura, Saefullah A Ridho, mengatakan jalan yang sedang dibangun oleh prajurit TNI bersama masyarakat itu untuk memudahkan masyarakat menuju kantor kecamatan sehingga dapat memangkas waktu dan ongkos transportasi.

Jika masyarakat melewati jalan biasa, kata dia, harus menempuh jarak sejauh 15 kilometer atau sekitar 45 menit untuk menuju kecamatan, sedangkan dengan adanya jalan baru cukup ditempuh selama 10 menit.

"Dengan adanya jalan baru ini masyarakat akan lebih dekat untuk pergi ke kantor kecamatan, jadi tidak memutar jalan lagi," katanya.

Ia menyampaikan, Desa Pancasura merupakan kawasan pelosok Kabupaten Garut yang berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya, daerah tersebut membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah dalam membangun jalan.

Ia berharap, program TNI membantu masyarakat desa itu dapat mendorong masyarakat untuk lebih produktif dan berdampak pada kesejahteraan hidup masyarakat.

"Dulunya jalan ini hanya jalan setapak, mudah-mudahan 30 hari ke depan jalan ini sudah bagus dan bisa dinikmati masyarakat," katanya.
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018