Cirebon (Antaranews Jabar) - Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, menyiapkan berbagai agenda seni dan budaya setiap tahunnya sebagai upaya ikut memajukan wisata daerah dan nasional.

"Cirebon ini kaya akan budaya, semuanya dikemas untuk dilestarikan dan jadi salah satu upaya memajukan pariwisata," kata Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, Arief Natadiningrat di Cirebon, Senin.

Sultan mengatakan pada tahun 2019 nanti akan digelar berbagai "event" terbaik selama setahun penuh. Untuk itu pastikan Cirebon sebagai destinasi terbaik untuk berlibur tahun depan.

Untuk pagelaran kesenian Cirebon, nantinya total ada 10 sub event yang disiapkan, lokasinya sendiri kata Sultan, ada di Keraton Kasepuhan.

Dia menjelaskan pada Januari sampai Desember 2019, pekan terakhir setiap bulannya, digelar sehari per sub event, wisatawan bisa menikmati berbagai parade kesenian mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

"Kalau ingin menikmati parade budaya khas dan religi silakan datang ke Cirebon. Sebab, tahun 2019 akan digelar berbagai event terbaik selama setahun penuh," ujarnya.

"Jadi, pastikan Cirebon sebagai destinasi terbaik untuk berlibur tahun depan, ada banyak pengalaman yang kami tawarkan," lanjutnya.

Program Pariwisata Keraton Kasepuhan Cirebon pada 2019 akan ada delapan sub event yang dikemas dengan kategori sejarah, religi dan budaya.

Nilai sejarah dan nasionalisme lanjut Sulran, yaitu seperti halnya dari Upacara HUT RI hingga Ayo ke Museum Pusaka, nsur budaya dikuatkan Festival Sunyaragi 2019 (28-30 Juni) juga Festival Budaya Cirebon 2019.

Festival Budaya Cirebon digelar 1-10 September 2019, festival ini menyajikan Nadran, Tour de Keraton, HUT Cirebon, hingga Kirab Karnaval, ada juga agenda Warsa Enggal yang digelar 31 Desember.

Sementara rasa religi diwakii melalui Buka Puasa Bersama Anak Yatim dan Muludan Fair. ?Cirebon ini kaya akan budaya. Semuanya dikemas untuk dilestarikan," katanya.
 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018