Cianjur (Antaranews Jabar) - Pemkab Cianjur, Jawa Barat, mengharapkan momentum Asian Games 2018 berdampak positif meningkatkan jumlah kunjungan pelancong dan promosi destinasi wisata unggulan daerahnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Cianjur, Asep Suparman pada wartawan Minggu, mengatakan pelaksanaan Asian Games merupakan momentum untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara sebab banyak pertandingan digelar di Jakarta.

Bahkan, cabang olahraga paralayang akan digelar di Puncak-Bogor yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur, sehingga kegiatan itu menjadi peluang besar untuk mempromosikan destinasi wisata.

"Banyaknya atlet dan official Asian Games akan menjadi peluang besar untuk mendongkrak pariwisata Cianjur. Ini potensi besar, baik dari cabang olahraga yang digelar di dekat Cianjur maupun di Jakarta," katanya.

Ia menjelaskan, pada jeda atau seusai pertandingan akan ada agenda kunjungan ke tempat wisata terdekat. Banyak atlet dan pendukung dari berbagai negara yang datang, sehingga menjadi peluang besar untuk sektor pariwisata termasuk di Cianjur. 

"Destinasi wisata unggulan Kabupaten Cianjur, seperti Cipanas, Situs Megalit Gunung Padang yang selama ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan asing," katanya. 

Disparpora akan mengeluarkan surat edaran ke Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) agar berpartisipasi di setiap ajang promosi di Jakarta guna menarik minat rombongan atlet dan pendukungnya untuk berwisata ke Kabupaten Cianjur. 

"Hotel dan restoran di kawasan penyanga Jakarta seperti Cianjur, akan potensial sebagai tempat menginap atlet dan pendukungnya. Kami harap potensi ini bisa maksimal dan wisata di Cianjur semakin dikenal," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018