Bandung (Antaranews Jabar) - Sejumlah penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, ke Bandara Ngurah Rai, Denpasar Bali, dibatalkan akibat peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Agung di Bali.

Officer In Charge Angkasa Pura II Husein Sastranegara, Didin Jamaludin di Bandung, Jumat, mengatakan, terdapat 10 penerbangan dari Denpasar menuju Bandung maupun sebaliknya yang terpaksa dibatalkan.

"Di Husein, kami ada 10 penerbangan dari dan ke Denpasar di-cancel. 10 penerbangan itu untuk empat maskapai, Lion Air, Garuda, Citilink, dan Air Asia," ujar Didin saat dihubungi melalui telepon seluler.

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ditutup sementara pada Jumat, dari pukul 03.00 hingga 19.00 WITA, karena ruang udara bandara tertutup abu vulkanik Gunung Agung pascaerupsi yang terjadi pada Rabu (27/6) sehingga berbahaya bagi penerbangan.

Namun berdasarkan informasi, kata dia, pada Jumat siang Bandara sudah kembali dibuka. Meski begitu, jadwal penerbangan dari Husein tetap dibatalkan oleh pihak airlines terutama bagi penumpang yang telah memesan tiket untuk perjalanan Jumat pagi hingga sore.

"Penerbangan yang siang hingga sore itu di-cancel, karena kami tidak tahu kapan dibuka, jadi sudah di-cancel dari pagi tadi," kata dia.

Sebagai gantinya, pihak maskapai memberikan kompensasi bagi penumpang yang telah memesan tiket ke Denpasar dengan melakukan pengembalian uang (refund) maupun penjadwalan ulang.

"Terkait itu pembatalan tersebut Airlines memberikan pelayanan ke penumpang berupa pengembalian refund, atau di reschedule kalau penumpangnya berkenan," katanya. 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018