Bandung  (Antaranews Jabar) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari menuturkan pihaknya terus melakukan pemantauan arus mudik lebaran tahun 2018 di jalur utara, tengah dan selatan Jawa Barat, baik melalui laporan para anggota dewan maupun informasi lainnya.

"Saya dan teman-teman di dewan lainnya, terus lakukan pemantauan, sebelumnya saya sudah imbau para anggota dewan untuk aktif memberikan informasi terkait arus mudik agar bila ada kendala yang terjadi di lapangan dilaporkan dan diselesaikan secepatnya," kata Ineu Purwadewi Sundari, ketika dihubungi melalui telepon, Rabu.

Berdasarkan pantauannya beberapa waktu lalu, kata Ineu, arus lalu lintas kendaraan pada masa mudik lebaran tahun 2018 relatif lancar, khususnya untuk arus kendaraan yang menuju wilayah timur, baik Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

"Alhamdulillaah yang pergi ke Jawa Tengah dan Jawa Timur itu lancar karena jalan tol sudah bisa difungsikan, Pejagan sampai Pemalang, Pemalang, Batang sampai semarang. Itu sangat cepat, Bandung Pemalang bisa empat jam, Pemalang Semarang bisa dua jam," ujar Ineu.

Arus mudik yang lancar, lanjut Ineu juga dikarenakan kehadiran beberapa jalur alternatif yang bisa digunakan oleh para pemudik.

Sementara itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Barat Waras Wasisto menuturkan hal serupa bahwa arus mudik lebaran 2018 berjalan lancar dan lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Waras, hal ini bisa dilihat dari tidak terjadinya kemacetan parah di jalur mudik.

Selain itu hingga  Selasa (12/6)   juga tidak terjadi kecelakaan lalu lintas yang  serius.

"Alhamdulillah arus mudik kali ini berjalan lancar. Saya mengucapkan selamat mudik kepada warga Jawa Barat yang berlebaran di kampung halamannya masing-masing," kata Waras.

Menurut Waras, lancarnya arus mudik kali ini tak lepas dari persiapan serius yang dilakukan pemerintah dan semua instansi baik pemerintah maupun swasta sangat mendukung kepada kelancaran arus mudik.

Dia mengatakan, semakin membaiknya infrastruktur jalan juga membuat arus mudik berjalan lancar dan pembangunan sejumlah ruas jalan tol baru sangat memberikan dampak positif bagi kelancaran arus mudik.

Selain itu, lanjut dia, lancarnya arus mudik kali ini juga tak lepas dari kebijakan pemerintah yang memperpanjang masa cuti bersama.

"Panjangnya masa cuti bersama berdampak positif bagi lancarnya arus mudik. Warga memiliki banyak pilihan waktu untuk mudik, sehingga kendaraan tidak menumpuk pada satu waktu tertentu," katanya.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018