Cianjur (Antaranews Jabar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur, Jawa Barat, mencatat 100 lembar surat suara Pilkada Jabar 2018 dalam kondisi rusak, sehingga segera diajukan penggantian ke KPU Jabar.

Rusaknya ratusan lembar surat suara tersebut, ungkap Divisi Logistik KPU Cianjur, Baban Mahendra di Cianjur Minggu, setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara hari kedua.

"Kerusakannya macam-macam mulai dari sobek, terkena tinta dan lain-lain saat dilakukan penyortiran. Kerusakan tersebut telah kami laporkan untuk mendapat penggantian dari KPU Jabar," katanya.

Jumlah surat suara yang diterima KPU Cianjur sebanyak 1.697.021 lembar, berdasarkan daftar pemilih tetap sebanyak 1.653.805 lembar ditambah surat suara cadangan sebesar 2,5 persen atau 43.216 lembar di masing-masing tempat pemungutan suara.

Sedangkan untuk proses penyortiran dan pelipatan KPU Cianjur, melibatkan 700 orang warga dari berbagai wilayah di Cianjur yang sebagian besar pernah terlibat dalam kegiatan yang sama, sehingga prosesnya dapat dipercepat.

"Target hari ini selesai, namun melihat situasi mungkin besok terkahir pelipatan dan penyortiran. Selanjutnya surat suara akan disimpan di kantor KPU Cianjur, sebelum didistribusikan," katanya.

Tahapan selanjutnya, tambah dia, pihaknya masih menunggu logistik lainnya untuk pilkada seperti alat kelengkapan di TPS dan lainnya. KPu Cianjur baru menerima surat suara dan formulir C6 atau surat undangan untuk pemilih.

"Kami masih menunggu logistik lainnya yang informasinya segera dikirim ke daerah. Harapan kami logistik pilkada sudah sampai ke titik distribusi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," katanya. 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018