Cirebon  (Antaranews Jabar) - Penggunaan mebeler dalam negeri oleh berbagai kalangan masyarakat dan lembaga pemerintah serta swasta akan mendukung upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kata Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia Soenoto.

"Selama kita bisa membuat sendiri   kenapa harus membeli prodak impor dan semangatnya adalah untuk kesejahteraan bersama," kata Soenoto saat dihubungi di Cirebon, Kamis.

Dia menjelaskan dengan menggunakan produk mebeler hasil karya anak bangsa, hal itu tentu bisa membuka lapangan pekerjaan yang lebih banyak dan akan menghemat devisa.

Selain itu, kata dia, bahan baku yang melimpah akan bisa diserap banyak dan hal tersebut bisa membuat para pengusaha bahan baku tidak lagi menginginkan adanya ekspor.

Dia mengatakan untuk kualitas produk dalam negeri saat ini bisa bersaing dengan produk luar.

Oleh karena itu, katanya, masyarakat seharusnya lebih memilih produk anak bangsa.

"Secara kualitas dan kuantitas produk kita sudah memadai dan layak digunakan," ujarnya.

Soenoto mengatakan masih banyak ruang yang harus diisi karena saat ini perbandingannya, yaitu produk luar 60 sampai 70 persen.

"Intinya mengajak semua menggunakan `furniture` dalam negeri dan kami akan pantau semua lembaga pemerintahan agar menggunakannya," kata dia. 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018