Bandung (Antaranews Jabar) - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut dua Tb Hasanuddin mengatakan da`i memiliki peran strategis menebarkan pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta membantu dalam menciptakan suasana kondusif dan menyelesaikan persoalan konflik yang terjadi di tengah masyarakat, melalui pendekatan agama

"Peran sosok tokoh agama Islam dan juru dakwah atau da`i sangatlah penting kiprahnya dalam menanamkan aqidah dan akhlak setiap muslim. Dai harus berada di garda terdepan dalam menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa dan negara," kata Tb Hasanuddin, di Bandung, Selasa.

Dirinya terus mendorong para dai untuk terus menyebarkan pesan damai kepada masyarakat melalui dakwah yang mendidik sesuai dengan ajaran agama.

"Dai juga harus bermitra dan bersinergi dengan aparatur keamanan. Da`i ini juga berperan penting menekan angka kriminalitas atau perbuatan yang melanggar aturan melalui Dakwah, dan mari kita sebarkan pesan damai kepada masyarakat," kata dia.

Ia menuturkan melihat fungsi dai tersebut maka dirinya dan Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Anton Charliyan menyatakan siap untuk memperjuangkan aspirasi para dai seperti insentif dan peningkatan status menjadi honorer, ketika dirinya terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat lima tahun ke depan.

Selain itu, pria yang akrab disapa Kang Hasan berharap, melalui fasilitas tersebut, para dai dapat terus meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Jawa Barat.

"Jadi perannya sangat membantu dalam menjaga kondusifitas masyarakat Jawa Barat, aspirasinya juga selama masuk akal akan kita perjuangkan," kata dia.





 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018