Bandung  (Antaranews Jabar) - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut dua Tb Hasanuddin atau Kang Hasan menuturkan melalui Program Jabar Seubeuh (Jabar Kenyang) akan menguntungkan dan menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi para petani di Provinsi Jawa Barat.

"Melalui program Jabar Seubeuh, saya ingin agar petani untung dan harga beras tetap stabil sehingga masyarakat bisa sejahtera," kata Kang Hasan saat bersilaturahmi dengan ulama dan masyarakat petani di Kampung Cibatu Sanding, Desa Munjul, Kecamatan Pagedan Barat, Kabupaten Subang, Rabu.

Menurut data Kementrian Pertanian pada tahun 2017, Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu daerah dengan produksi padi terbesar di Indonesia.

Namun, kesejahteraan para petaninya masih belum merata, bahkan berada dibawah garis kemiskinan.

Kang Hasan menilai, hal tersebut dikarenakan kurangnya perhatian pemerintah terhadap petani dan tidak stabilnya harga beras dipasaran.

Untuk itu, Kang Hasan yang berpasangan dengan Anton Charliyan (Kang Anton) menggulirkan program Jabar Seubeuh yang diyakini akan mampu menjadi solusi untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di Jawa Barat.

Dia mengatakan, Program Jabar Seubeuh nantinya akan mensubsidi para petani mulai dari pupuk, sarana pertanian hingga bibit tani.

Selain itu, Jabar Seubeuh juga akan menjadi solusi bagi kestabilan harga pangan yang berkeadilan baik bagi petani maupun konsumen dengan cara memangkas para spekulator.

"Pemerintah harus mengatur bagaimana caranya harga beras terjangkau oleh seluruh masyarakat tanpa harus merugikan petani dan itu semua bisa kita lakukan," katanya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Pagedan Barat, Kiyai Oop Fahruroji mengungkapkan, pasangan yang dikenal dengan Hasanah itu, sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan untuk memimpin Jawa Barat yaitu Nyantri, Nyunda, dan nyakola.

Terlebih, program yang digulirkan, sesuai dengan keadaan masyarakat dan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Kang Hasan Insha Allah merakyat dan sayang terhadap rakyatnya, apalagi program yang beliau gulirkan sangat dekat dengan masyarakat Jawa Barat," kata dia.



 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018