Antaranews Jabar - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar merasa kehilangan terhadap sosok yang telah berperan besar dalam dunia pendidikan dan pemerintaahan di Jawa Barat.

"Hari ini kita kehilangan seseorang yang begitu besar peran dan manfaatnya dalam kehidupan, khususnya akademisi maupun pemerintahan di Jawa barat," kata Deddy Mizwar, usai menghadiri prosesi pemakaman Prof Dede Mariana, di Kota Bandung, Sabtu.

Pria yang akrab disapa Demiz ini menuturkan Prof Dede Mariana adalah guru sekaligus pembimbing ketika dirinya sedang mengambil program Magister Ilmu Pemerintahan di Unpad.

Selain itu, Prof Dede juga dipercaya sebagai Staf Ahli Gubernur Jawa Barat Bidang Hukum dan Politik Periode 2011-2016.

"Saya masuk ke Jawa Barat, dia (Prof Dede) sudah menjadi Staf Ahli. Dia membimbing saya dalam berbagai hal, pemerintahan. Pandangan-pandangan kebijakan kemudian di Unpad beliau juga dosen pembimbing saya di Ilmu Pemerintahan," ujar Demiz.

Dirinya mendapat pengetahuan sekaligus perubahan pemikiran tentang pemerintahan dari Almarhum. Prof Dede meninggal dunia dalam usia 54 tahun.

"Beliau sangat terasa sekali di diri saya. Perubahan-perubahan pikiran saya tentang pemerintahan," kata dia.

Prof Dede Mariana lahir di Bandung, 13 Maret 1963. Guru Besar Program Studi Ilmu Pemerintahan Fisip Unpad ini meninggal dunia pada Jumat (22/12) Pukul 18.45 WIB di Rumah Sakit Hasan Sadikin Kota Bandung.

Pewarta:

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017