antarajabar - Partai Kebangkitan Bangsa meminta bakal calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil agar dapat menentukan wakilnya melalui mekanisme awal yakni dengan musyawarah mufakat antar pantai pendukung.

"Salah satu komitmen bersama itu dalam penetapan calon wakil gubernur yang akan mendampingi Kang Emil," ucap Sekretaris DPW PKB Jawa Barat, Sidkon Djampi di Bandung, Senin.

Kesepakatan awal penetapan bakal calon wakil gubernur akan dilakukan bersama partai pengusung melalui mekanisme musyawarah. Menurut dia, hal ini untuk menjaga supaya tidak ada dominasi dari salah satu pihak.

"Parpol yang jumlah kursinya paling banyak maupun sebaliknya, penetapan Cagub tetap harus disepakati semua partai koalisi," katanya.

Apabila Emil tetap "keukeuh" menentukan calon sesuai kehendaknya, PKB mengancam akan mencabut dukungan politik terhadap Wali Kota Bandung tersebut.

"Jika komitmen penetapan calon gubenur itu tidak dijalankan berdasarkan musyawarah partai pengusung, maka hanya satu kata dari PKB buat kang Emil, good bye (selamat tinggal)," kata dia.

Sebelumnya, Ridwan Kamil akan memutuskan nama pendampingnya dengan meminta masukan terlebih dahulu kepada tokoh-tokoh Jawa Barat.

Setelah mendapatkan masukan, Emil rencananya akan mengumumkan siapa sosok yang dianggap pas sebagai Cawagub pada Rabu (20/12) nanti.

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017