antarajabar - Pengurus Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan (BPPK) 45 Kabupaten Garut membagikan 1.500 buku Kerja 45 berisikan semangat perjuangan bangsa Indonesia ke sejumlah sekolah dasar dan menengah pertama di Garut, Jawa Barat, untuk membangun siswa memahami dan lebih cinta terhadap tanah air Indonesia.

"Agar tahu dan paham akan jiwa dan semangat para pejuang terdahulu dalam memerdekakan Republik Indonesia," kata Wakil Ketua IV BPPK - 45 Kabupaten Garut, Dik Dik Hendrajaya kepada wartawan di Garut, Rabu.

Ia menuturkan, buku yang sengaja dibuat oleh BPPK 45 Kabupaten Garut itu bertujuan untuk memberikan pendidikan dan pemahaman tentang nilai-nilai bangsa Indonesia kepada kalangan pelajar maupun masyarakat umum.

Dikdik berharap, beredarnya buku di sekolah dapat menumbuhkan semangat perjuangan bagi kaum generasi bangsa Indonesia dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Salah satu upaya untuk memupuk dan menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air, bangga sebagai bangsa Indonesia yang mempunyai jiwa, semangat dan nilai nilai kejuangan 45," katanya.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengapresiasi kepada pengurus BPPK 45 Kabupaten Garut yang telah melestarikan nilai-nilai perjuangan bangsa dengan membuat buku berjudul Kerja 45.

Ia menyebutkan, buku tersebut menyajikan materi antara lain naskah Pancasila, Pembukaan UUD 1945, Sumpah Pemuda, Pilar Kebangsaan, rumusan jiwa, semangat dan nilai-nilai 45.

Selanjutnya buku tersebut membahas tentang tujuan nasional atau cita-cita bangsa serta kampanye bahaya narkoba dalam kehidupan bangsa Indonesia.

"Selanjutnya jiwa, semangat dan nilai-nilai 45 merupakan identitas jati diri bangsa Indonesia yang secara mendasar merupakan modal utama bagi perjuangan bangsa Indonesia," katanya.

Ia meberharap, perjuangan bangsa Indonesia dapat terus dilestarikan agar nanti generasi yang akan datang memiliki kekuatan mental spiritual.

Selain itu, lanjut dia, menjadi motivasi dan sumber inspirasi untuk mengimplementasikan dan mengaktualisasikan secara tepat dalam usaha membanguan segala bidang kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya di Garut.

"Kita meneruskan amanat pendahulu para pejuang yang mempunyai jiwa dan semangat untuk memanjukan bangsa kita ini, memupuk sikap suka bekerja keras dan sikap menghargai hasil karya orang lain," katanya.

Pewarta:

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017