antarajabar - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memerintahkan kadernya yang juga Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum untuk mengikuti konvensi calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Barat 2018 yang diadakan oleh kandidat calon gubernur M Ridwan Kamil atau Emil.

Ketua Departemen Pemenangan Wilayah Jawa Barat DPP PPP Dayat Hidayat, ketika dihubungi melalui telepon, Minggu mengatakan, pihaknya tidak akan mundur jika penilaian dari para tokoh itu jadi digelar.

Menurutnya, sosok Uu Ruzhanul Ulum sangat siap mengikuti mekanisme tersebut meski harus bersaing dengan politisi lainnya.

"Kami (PPP) sangat siap. Kang Uu sangat siap. Saudara Uu akan diperintahkan hadir memenuhi permintaan musyawarah dengan tokoh itu. Kita tidak akan mundur," kata Dayat.

Dia menuturkan keikutsertaan Uu Ruzhanul ini merupakan bentuk penghormatan dari PPP kepada Wali Kota Bandung tersebut dan tokoh-tokoh Jawa Barat yang menjadi panelis.

"Jadi Kang Uu harus pergi untuk ikut konvensi, sekaligus untuk menghormati. Kita bersilaturahmi," katanya.

Terlebih, lanjut Dayat, berdasarkan pernyataan Emil, proses musyawarah itu hanya memberi masukan sehingga keputusan akhir terkait penetapan nama calon wakil gubernurnya tetap berada di tangan Wali Kota Bandung tersebut.

Lebih lanjut, Dayat optimistis Uu akan unggul jika dibandingkan dengan kandidat lainnya yang akan mengikuti "beauty contest" tersebut.

Selain itu dari sisi pengalaman, dia menilai Bupati Tasikmalaya tersebut sudah sangat teruji karena Uu sudah dua kali menjabat sebagai bupati dan juga menjadi anggota dan ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

Oleh karena itu, kata dia, kualitas kepemimpinannya tidak perlu diragukan lagi terutama untuk mengatasi persoalan di pedesaan.

"Kang Uu pernah juga menjadi ketua ranting tingkat kelurahan, PAC atau tingkat kecamatan, dan DPC kabupaten PPP. Jadi menurut hemat kami, Kang Uu paling berpengalaman," katanya.

Dia menambahkan sosok Uu sebagai pemimpin yang lahir dari kultur pesantren sehingga sesuai dengan harapan sebagian besar warga Jawa Barat.

Menurut dia, warga Jawa Barat yang didominasi muslim ini sangat membutuhkan sosok pemimpin yang religius.

"Kang Uu ini kader PPP tulen yang berakar dari pesantren kemudian dia juga memiliki popularitas dan elektabilitas yang mumpuni untuk dicalonkan menjadi wakil gubernur," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017