antarajabar - Satreskrim Polsek Cianjur, Jawa Barat, amankan pelaku pencurian dengan kekerasan dari amuk massa yang berhasil menangkapnya usai beraksi di toko swalayan di Jalan Raya Cipanas-Cianjur, Minggu.

Kapolsek Cianjur Kota, Kompol Iskandar, melalui Kanit Reskrim, Iptu Badru Salam, mengatakan, Alpi Anggara Prakarsa (19) tersangka yang merupakan warga Gang Kalimantan, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur itu, menjalankan aksinya seorang diri dengan menodongkan sebilah golok pada kasir toko swalayan Indomart.

Mendapati hal tersebut, kasir tidak dapat berkutik dan menuruti permintaan pelaku, termasuk membuka brangkas uang di lantai dua toko tersebut. Saat pelaku berada di lantai dua, pegawai lainnya berhasil menyelinap keluar untuk melapor ke polisi dan warga sekitar.

Petugas yang mendapat laporan langsung meluncur ke tempat kejadian dan berhasil menyelamatkan pelaku yang lebih dulu diamankan warga sekitar dari amuk massa yang terus berdatangan ke toko yang terletak di pinggir jalan utama tersebut.

"Dari tangan tersangka, kami mengamankan sejumlah barang bukti uang tunai Rp 21.253.000, sembilan slop rokok berbagai merk dan satu unit sepeda motor matik bernomor polisi F 5631 ZI serta satu buah tas gendong warna abu-abu," kata Badru.

Dari keterangan tersangka, dia menjalankan aksi tersebut karena dalam pengaruh minuman keras."Tersangka langsung masuk ke dalam Indomart dan langsung menodongkan golok pada kasir toko dan meminta kasir untuk membuka brankas uang yang ada di lantai dua toko," katanya.

Namun, ungkap Badru, tersangka tidak menyadari kalau di dalam toko terdapat dua pegawai, satu pegawai di bawah todongan golok, pegawai lainnya mencoba lari keluar toko untuk meminta bantuan polisi dan warga."Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman kurungan penjara lebih dari 12 tahun," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017