Antarajabar.com - Tingkat partisipasi masyarakat di daerah penyangga Ibu Kota Indonesia atau DKI Jakarta yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor dan Kota Depok untuk mengikuti program imunisasi penyakit campak dan rubella dengan vaksin measless rubella (MR) masih rendah.

"Sampai saat ini masih ada tujuh kabupaten/kota yang tingkat partisipasinya di bawah target nasional atau di bawah angka 95 persen, yakni Kabupaten Bogor, Kota dan Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sukabumi," kata Kepala Dinas Kesehatan Dodo Suhendar, di Bandung, Kamis.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat ada sekitar 12,1 juta anak yang menjadi target program imunisasi MR ini.

Adapun tujuan dari imunisasi MR ini adalah untuk mencegah anak terhindari dari penyakit campak dan rubella.

Ia menuturkan ada berbagai macam faktor yang menyebabkan tingkat partisipasi masyarakat di tujuh kabupaten/kota untuk mengikuti program imunisasi MR rendah diantaranya rasa ragu-ragu masyarakat terhadap kehalalan dan kualitas vaksin, letak geografis dan lain-lain.

"Kami tegasnya vaksin MR ini terjamin, baik kehalalannya maupun kualitasnya. Selain masih banyak masyarakat yang belum mau anaknya diberikan vaksin ini," kata dia.

Ia menuturkan Dinas Kesehatan Jawa Barat melakukan beberapa langkah agar seluruh kabupaten/kota tingkat partisipasi imunasasi MR nya bisa memenuhi target nasional yakni menyentuh angka 95 persen.

"Langkahnya kita merangkul sejumlah forum komunikasi imunasasi yang didalamnya terdiri dari berbagai macam kelompok termasuk dari kalangan ulama," kata dia.

Selain itu, lanjut Dodo, pihaknya juga berkoordinasi dengan dinas pendidikan tingkat kabupaten/kota dan mengirimkan surat edaran gubernur agar sekolah-sekolah ikut serta menyukseskan program imunisasi MR ini.

"Imunisasi MR ini kan ada di tingkat SD dan SMP maka kita tekankan ke dinkes kabupaten kota untuk bersama sama menyukseskan program ini," kata dia.

Pewarta:

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017