Antarajabar.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyatakan, percepatan pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati di Kabupaten Majalengka menunggu peran bupati setempat dalam penyelesaian pembebasan lahan untuk akses jalan bandara.

"Termasuk pembangunan akses jalan tol supaya bisa langsung ke BIJB ini uangnya sudah ada, pembebasan lahannya sudah siap, tinggal peran Bupati," kata Deddy Mizwar saat meninjau pembangunan BIJB bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Majalengka, Selasa.

Ia menuturkan, pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati (BIJB) dapat diselesaikan secepatnya termasuk kesiapan anggaran untuk proses penyelesaiannya.

Bahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, kata dia, telah melakukan pengukuran sepanjang kurang lebih 2 kilometer untuk persiapan pembangunan jalan non-tol.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menambahkan, Presiden Joko Widodo menginginkan pembangunan Bandara Kertajati bisa selesai Juni 2018.

Target pembangunan itu, kata dia, supaya calon jamaah haji 2018 bisa diberangkatkan dari Bandara Kertajati.

"Mimpi pemerintah, Bandara Kertajati akan menjadi pusat logistik karena dekat dengan Tambun, Cirebon, Bandung. "Untuk jalan ke selatan ke Cigatas, Garut, Genteng, Cisolok dan lainnya," katanya. 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017