Antarajabar.com - Polres Cianjur, Jawa Barat, membangun sumur bor di Kampung Tegal Teri, Desa Hegarmanah, Kecamatan Sukaluyu, sebagai upaya mengatasi krisis air bersih yang dialami warga setempat sejak beberapa bulan terakhir.

"Musim kemarau yang melanda sejumlah wilayah di Cianjur dalam beberapa bulan terakhir menyebabkan warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Termasuk di wilayah Tegal Teri, warga harus mengunakan air sungai yang tidak layak konsumsi karena sumur mereka mengering," kata Kapolres Cianjur, AKBP Arief Budiman di Cianjur, Minggu.

Untuk memberikan kemudahan bagi warga dalam memperoleh pasokan air bersih yang layak konsumsi, Polres Cianjur berinisiatif untuk membangun sumur bor.

"Informasi dari warga setiap musim kemarau warga kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga. Sehingga Polres Cianjur, berinisiatif untuk membuat sumur bor sebagai solusi dari kesulitan warga," katanya.

Dia menambahkan, pembangunan sumur bor tersebut merupakan kedua kalinya di lakukan Polres Cianjur, sebelumnya telah dibangun sumur bor di Kecamatan Mande. "Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kapolda Jabar, Irjen Agung Budi Maryoto untuk berperan aktif terhadap persoalan sosial," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Hegarmanah, Toni Supartono, mengatakan wilayah desanya merupakan daerah langganan kekeringan setiap musim kemarau tiba dan sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

"Sudah hampir dua bulan warga kesulitan mendapatkan air bersih, selama itu warga hanya memanfaatkan air sungai dan kolam yang sudah tidak layak konsumsi. Adanya bantuan sumur bor ini, jelas meringankan beban warga untuk mendapatkan air bersih," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017