Antarajabar.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus mendorong Cirebon sebagai salah satu destinasi wisata sejarah dan budaya unggulan di Indonesia, mengingat Kota Udang itu sangat berpotensi dibidang tersebut.

"Cirebon mempunyai potensi pariwisata yang sangat banyak untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara, salah satunya adalah keberadaan keraton-keraton yang dapat dijadikan objek wisata sejarah, seni dan budaya," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida di Cirebon, Sabtu.

Pemerintah Jawa Barat, kata Ida, akan terus mendukung Cirebon menjadi penyumbang pariwisata di Indonesia, terutama dibidang sejarah dan budaya.

Ida menjelaskan selain mempunyai beragam sejarah dan budaya, Cirebon juga ditunjang dengan ragam kulinernya yang menggugah selera seperti empal gentong, nasi jamblang, dan lain sebagainya.

Untuk itu Pemprov akan mengupayakan Cirebon sebagai salah satu tujuan wisata sejarah dan budaya di Indonesia yang juga bisa dikenal oleh dunia.

"Cirebon adalah satu destinasi budaya yang dikenal dengan kuliner, fesyen dan batiknya, kami selalu menampilkan kesenian batik Cirebon ke seluruh dunia," tuturnya.

Dia menambahkan dengan adanya gelaran FKN ke-11 yang digelar di Cirebon, menjadi untuk terus merekatkan dan melestarikan sejarah, seni dan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

"Adanya FKN di Cirebon menunjukkan bahwa keraton-keraton yang ada di seluruh pelosok Nusantara ini masih eksis, meskipun zaman sudah modern seperti sekarang ini," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017