Antarajabar.com - Kota Cirebon, Jawa Barat, pada bulan September 2017 mendatang akan menggelar Festival Keraton Nusantara (FKN) yang ke XI selama lima hari dan diikuti sebanyak 42 Keraton Nusantara.
      
 "Penyelenggaraan FKN XI ini, akan dihadiri sekitar 42 Keraton Nusantara yang sudah bergabung dalam Forum FKN," kata Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon, Dana Kartiman di Cirebon, Senin.
       
Dana mengatakan selain 42 Keraton yang sudah masuk di Forum FKN, ada juga sebanyak 71 keraton peninjau yang ikut bagian pada FKN tahun ini yang akan berlangsung pada 15 sampai 19 September 2017.
        
Dia mengatakan pada FKN XI ini, akan ditampilkan beberapa pagelaran kesenian dari berbagai keraton, pameran benda pusaka dan lainnya.
        
"Sementara itu pada tanggal 16 September 2017, akan dilaksanakan kirab agung prajurit kerayon Se-Nusantara XI. Kirab ini akan dilepas dari Keraton Kasepuhan Cirebon menuju Gedung Negara di Jalan Krucuk Kota Cirebon," tuturnya.
       
Dana berharap dengan adanya FKN yang digelar di Cirebon bisa menarik wisatawan untuk datang menyaksikan keragaman budaya ini.
        
Karena kata Dana FKN itu tidak datang setiap tahun dan kali ini adalah kesempatan untuk melihat dan menyaksikan seni budaya dari berbagai penjuru Nusantara.
       
"Adanya FKN ini diharapkan bisa menyedot wisatawan untuk datang ke Cirebon," katanya lagi.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017