Antarajabar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mengimbau seluruh calon jamaah haji (CJH) asal daerah itu menyiapkan fisik dan mental selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

"Untuk para calon jamaah haji asal Jawa Barat yang berangkat tahun 2017, kami mengimbau agar mempersiapkan diri dalam hal kesiapan fisik dan mental," kata Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Haris Yuliana ketika dihubungi melalui telepon di Bandung, Senin.

Ia menuturkan ibadah haji membutuhkan stamina yang bagus atau prima karena selama sekitar 40 hari CJH akan melaksanakan ibadah di Tanah Suci.

"Persiapan fisik kita dengan rutin berolahraga setiap hari, seperti berjalan kaki agar saat berada di Tanah Suci berjalan jauh ketika melaksanakan sa`i dari bukit Marwah ke Safa," kata dia.

Menurut dia, jika CJH bisa menjaga fisiknya tetap sehat maka kemungkinan terkena penyakit seperti flu akan berkurang.

"Selama 40 hari berada di sana akan sangat melelahkan maka fisik itu harus betul-betul disiapkan, ibaratnya kalau di Tanah Suci itu hanya dua yang tidak kena penyakit flu, yakni unta dan tiang listrik," kata dia.

Selain itu, lanjut Haris, menjalankan ibadah haji tidak hanya harus siap secara fisik namun yang utama adalah kesiapan secara mental.

"Kesiapan mental ini lebih kepada kita harus membangun keikhlasan, tidak boleh sombong selama menjalanakan ibadah haji. Kemudian harus tahu juga rangkaian umum pelaksanaan haji itu seperti apa," kata Haris.

Lebih lanjut ia mengatakan calon jamaah haji juga diimbau untuk mengikuti arahan dari petugas haji selama berada di Tanah Suci. "Ikuti seluruh arahan yang diberikan pembimbing," kata dia.

Sebelumnya Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menuturkan kuota CJH Jawa Barat tahun 2017 bertambah menjadi 38.626 orang (tahun 2016 sebanyak 28.888 orang) sehingga pelayanan untuk jamaah haji juga harus ditingkatkan.

"Alhamdulillah kuota haji Jabar bertambah tahun ini maka pelayanan untuk jamaah juga harus ditingkatkan," kata Deddy Mizwar saat membuka Kegiatan Pembinaan Ketua Rombongan (Karom) Jamaah Haji Jabar Tahun 1438H/2017 M Angkatan II, di Asrama Haji Jl Kemakmuran Nomor 72 Bekasi, beberapa waktu lalu.

Pewarta:

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017