Antarajabar.com - Bupati Indramayu, Jawa Barat, Anna Sophanah mengatakan usia senja atau lanjut usia (lansia) harus tetap sehat, aktif, produktif dan mandiri, karena lansia tidak bisa dihindari dalam fase kehidupan manusia.
       
"Melalui kegiatan kampanye kesehatan lanjut usia ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku dan keterampilan lansia agar menjadi lansia yang sehat, aktif, produktif dan mandiri, disamping itu dapat menumbuh kembangkan kepedulian masyarakat terhadap lansia," kata Anna di Indramayu, Selasa.
       
Pada acara Kampanye Kesehatan Lanjut Usia dalam rangka Hari Lanjut Usia tingkat Kabupaten Indramayu, Anna menyampaikan untuk para Lansia, agar menjaga selalu pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, jaga pola istirahat.
       
Selain itu juga harus melakukan kegiatan yang mengasah otak, lakukan aktivitas fisik ringan secara rutin, pelihara relasi sosial yang harmonis serta tingkatkan kedekatan diri dengan Allah SWT.
       
Anna menambahkan Indonesia saat ini masuk ke dalam negara berstruktur penduduk tua karena memiliki proporsi lanjut usia (lansia) usia 60 tahun keatas yang cukup besar.
       
"Ini berdasarkan data Susenas tahun 2015, terdapat jumlah lansia sebanyak 21,5 juta jiwa atau sekitar 8,43 persen dari seluruh penduduk Indonesia, bahkan data tersebut cenderung meningkat setiap tahunnya, sehingga akan diikuti pula meningkatnya masalah lansia," ujarnya.
       
Untuk itu Pemerintah Kabupaten Indramayu mengharapkan para lansia untuk  tetap semangat dalam berkarya dan berkontribusi dalam pembangunan daerah, berbagi pengalaman dan membimbing generasi muda untuk menjalani kehidupan bermasyarakat agar mereka tidak salah arah.
       
Pada kampanye Kesehatan Lanjut Usia tersebut, sebelumnya telah dilakukan senam masal bersama para lansia, pemeriksaan kesehatan, pemberian doorprize, dan juga kegiatan ramah tamah.
    

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017