Antarajabar.com - Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, menargetkan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan moda transportasi alternatif "Cable Car" dapat dilakukan pada Juli 2017.

"Persiapan Cable Car sudah mau groundbreaking. Ini rapat groundbreaking. Targetnya bulan ini. Sudah aman, dananya beres," kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Balai Kota Bandung, Senin.

Menurutnya, proses pengerjaan Cable Car ini sama sekali tidak menggunakan dana dari APBD. Semua proses pembiayaan dilakukan langsung oleh PT Aditya bekerja sama dengan beberapa perusahaan daerah di Kota Bandung.

"Cable car menurut Perpres (Peraturan Presiden) bisa penunjukan langsung selama full investasi," katanya.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, dalam pembangunannya rute pertama yang akan dikerjakan oleh tim konstruksi adalah jalur Gelap Nyawang menuju Cihampelas. Sebagian konstruksi akan berintegrasi dengan Teras Cihampelas. "Kemudian yang dilelang itu dari stasiun kereta ke Ledeng," ujarnya.

Ia menargetkan pembangunan moda transportasi alternatif ini dapat diselesaikan dalam waktu sembilan bulan, termasuk pembangunan gedung parkir.

"Dana total tidak hapal. 100 persen investasi. Makanya di Perpres boleh penunjukan langsung," kata dia. 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017