Antarajabar.com - Perserona Terbatas Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 3 Cirebon, Jawa Barat, memeriksa onderdil kereta api yang meliputi bodi kereta, kompresor pendingin udara, sistem kelistrikan, dan lainnya untuk persiapan angkutan Lebaran 2017.
       
"Setelah diperiksa 'spare part' yang rusak diperbaiki dan diganti dengan yang baru," kata Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro di Cirebon, Senin.
       
Kris menyatakan untuk angkutan lebaran di tahun 2017, pihaknya sudah melakukan persiapan secara matang, terutama perawatan kereta.
      
"Agar pada angkutan Lebaran nanti sudah siap dalam kondisi beroperasi semuanya," tuturnya.
       
Menurutnya, pemeriksaan KA dilakukan dalam beberapa periode yakni pemeriksaan tahunan, per enam bulan, dan setiap tiga bulan sekali.
       
Dan ada juga pemeriksaan harian, namun bisa dilakukan langsung di lajur, sedangkan yang periodik, kata Kris, dilakulan di fasilitas Depo.
       
"Kita punya dua Depo yang satu untuk lokomotif atau kepala kereta dan satu Depo khusus rangkaian kereta," ujarnya.
       
Sementara itu Kepala Depo Daop 3 Cirebon, Anang Abdillah mengatakan sebanyak 79 KA yang beroperasi pada lebaran tahun 2017 sudah siap dijalankan, karena sebelumnya KA itu sudah menjalani pemeriksaan dan perbaikan.
       
"Kami sudah cek kaki-kakinya, pendingin udara, sistem pengereman, kelistrikan, area bogie mengganti pelumas dan lainnya," kata Anang.

Pewarta: khaerul Izan

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017