Antarajabar.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) memaparkan potensi pendidikan tinggi dan fasilitas olahraga di Jawa Barat terutama stadion kepada Raja Swedia Carl XVI Gustaf.
        
"Saya bilang di sini banyak universitas besar, bahkan beberapa 'World Class University' ada di Jawa Barat, di antaranya ITB, Unpad, IPB," kata Aher usai menyambut kedatangan Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia di Stasiun Kereta Api Bandung, Rabu.
        
Menurut dia, Raja Carl juga sempat bertanya tentang fasilitas olahraga, terutama stadion yang ada di Jawa Barat. Aher mengatakan Jawa Barat memiliki lima stadion berstandar internasional di lima daerah.
        
"Stadion kita punya GBLA dan Jalak Harupat di Bandung, dua di Bekasi, dan satu di Bogor," kata dia.
        
Menurut Aher, Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia ke bandung naik kereta api karena ingin melihat pemandangan dari Jakarta menuju Bandung.
        
"Dia (Raja Carl) bilang alamnya berbukit-bukit, gunung-gunung, dan berkelok-kelok. Banyak sawah juga," lanjut Aher.
        
Berbeda dengan Raja Carl, Sang Ratu terpikat dengan keelokan alam Jawa Barat yang didominasi oleh hamparan sawah nan luas.
        
Sementara itu, istri Aher, Netty Heryawan, juga bercerita mengenai Jawa Barat sebagai provinsi pemasok kebutuhan padi terbesar di Indonesia kepada Ratu Silvia.
        
"Ratu Silvia bilang sepanjang perjalanan (Jakarta-Bandung) dia melihat sawah. Saya katakan pemandangan umum di Jawa Barat ini ya sawah. Kebanyakan beras itu produknya dari Jawa Barat," kata dia.
        
Menurut Netty, Ratu Silvia juga mengaku pernah mengunjungi Indonesia sebelumnya, namun bukan kunjungan resmi atau bukan sebagai ratu.
        
Ketika itu dia disambut oleh anak-anak berseragam Pramuka sehingga Ratu Silvia sangat tertarik dengan Pramuka yang ada di Indonesia.
        
Raja dan Ratu Swedia berada di Kota Bandung selama setengah hari dan dijadwalkan mengunjungi beberapa ikon Kota Bandung.
        
Raja dan Ratu dijadwalkan bertemu dengan Bobotoh atau Viking Persib di Alun-Alun Kota Bandung. Kabarnya salah satu hal yang membuat Raja Carl tertarik datang ke Bandung ialah Viking Persib.
        
Selain itu, mereka juga mengunjungi Museum Konferensi Asia-Afrika serta menghadiri acara Triple Helix Model and Innovation di Kampus ITB Ganesha Bandung.
    

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017