Antarajabar.com - Kota Bandung siap menyambut kedatangan Raja dan Ratu Swedia yang rencananya datang pada Rabu (24/5) menggunakan kereta api dari Jakarta menuju Bandung.

"Jam 12 siang tiba dengan menggunakan kereta api dari Jakarta akan menghabiskan waktu setengah hari di Kota Bandung. Sejak kedatangan di stasiun kereta akan lanjut ke pendopo dijamu makan siang oleh saya," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Bandung, Senin.

Nantinya rombongan Raja Swedia disambut di Stasiun Kota Bandung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial dan Sekda Kota Bandung Yossi Irianto.

Pria yang akrab disapa Emil ini menuturkan, usai jamuan makan siang dilanjutkan dengan foto bersama pendukung Persib Bandung yang kebetulan memiliki nama serupa dengan bangsa penghuni dataran Skandinavia, Viking.

"Viking `kan asli itu Swedia. Itu merupakan hasil pembicaraan Dubes Swedia yang terkesan dengan Viking berada di Indonesia, nama supporter bola di kota Bandung. Akhirnya disepakati dan boleh bertemu," kata dia.

Menurut dia, kedatangan Raja dan Ratu Swedia tersebut ke Bandung dalam rangka membahas mengenai peluang investasi di bidang teknologi yang ada di Kota Bandung.

"Jadi kalau mau investasi teknologi sebaiknya gunakan Bandung sebagai 'home base'," katanya.

Ditambahkan Emil, setelah dari pendopo lanjut berjalan kaki dari pendopo menuju museum KAA. Setelah satu jam di museum KAA, akan lanjut mengikuti seminar inovasi dan teknologi di ITB bersama mahasiswa ITB dan alumni universitas Swedia yang ada di Bandung.

Sementara itu, pentolan Viking Yana Umar mengatakan, dirinya akan menyeleksi bobotoh di seluruh Jawa Barat untuk menyambut Ratu dan Raja Swedia.

Selain itu, seluruh Viking akan meramaikan jalan yang dilalui oleh Raja dan Ratu Swedia tersebut. Sekitar 60-an bobotoh akan meramaikan kedatangan raja.

"Nantinya kita akan berfoto dan menyambut Raja maupun Ratu Swedia, selain befoto, kita juga akan memberikan cindramata atau merchandise Viking official seperti kaos, Jersey, ayal, topi dan lain lain," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017